Rainbow Pinwheel Pointer

Thursday, October 26, 2017

Cara Setting Permalink di Blogspot agar lebih SEO

  Blog inspiratiff       Thursday, October 26, 2017
Permalink agar lebih SEO
Permalink Blog Inspiratif


Sebelum kita beranjak kepostingan saya kali ini mengenai "Cara Setting Permalink di Blogspot agar lebih SEO", akan saya jelaskan sedikit mengenai apa itu Permalink ?
Permalink merupakan kependekan dari kata Permanen Link atau Tautan Permanen, yaitu link URL permanen yang dimiliki oleh setiap halaman blog atau situs sebagai referensi yang dapat digunakan oleh pengguna internet agar lebih mudah agar lebih mudah menemukan atau mengakses alamat URL dari postingan yang dituju.

link tersebut juga sering dikenal dengan istilah URL (Uniform Resource Locator). Permanen Link yang dimaksud ialah link permanen, maksudnya ialah link dari postingan yang di upload pada halaman blog atau situs bersifat permanen, alias tidak bisa diganti. terkecuali kita mensetting link permanen ini sebelum postingan tersebut di publikasikan.

berikut ini 2 contoh permanen link (Permalink) :

Contoh Permalink SEO
Contoh Permalink SEO

Contoh Permalink tidak SEO
Contoh Permalink tidak SEO

Dari kedua contoh permalink diatas, maka dapat kita simpulkan. Permalink yang SEO ialah teks yang tertulis pada alamat urL dari suatu blog/situs tertulis secara lengkap, sedangkan Permalink yang tidak SEO sebaliknya, teks yang tertulis pada alamat URL tersebut, tertulis secara tidak lengkap. Coba anda bayangkan suatu kata yang terpotong seperti itu, menurut persepsi kita saja pembacaannya bingung bukan ? karena teks yang tertulis tidak lengkap, begitupun dengan pola pikir dari mesin perayap (Google,Bing,Yahoo dll), merekapun akan kebingungan untuk merayapi artikel pada suatu blog/situs yang mempunyai alamat uRL yang tidak SEO friendly. Maka dari itu kebanyakan kasus artikel yang kita posting tidak akan muncul di halaman pertama mesin pencari, walaupun hal ini bukan satu-satunya syarat agar artikel kita tampil di halaman pertama mesin pencari, namun menurut saya, permanen link ini wajib kita terapkan pada setiap artikel yang akan kita publikasikan. Karena al ini ialah salah satu bagian dari sekian banyak TRIK SEO.

Sebenarnya Permanen Link untuk plateform Blogspot sudah di generate secara otomatis. Namun pada umumnya Permanent link yang di publish menjadi sebuah alamat URL dari suatu halaman blog akan mengikuti text dari judul artikel yang kita buat. mungkin hal ini sah-sah saja jika kebetulan judul yang kita buat memiliki kata yang sedikit, tapi bagaimana jadinya, jika judul dari artikel yang kita buat cukup panjang. Maka hasilnya nanti, permanen link yang dijadikan alamat URL suatu artikel akan terputus (tidak lengkap), maka hal ini akan berdampak pada SEO blog kita.


KENAPA PERMANEN LINK(PERMALINK) HARUS DIMODIFIKASI ?


Ada beberapa alasan kenapa Permalink harus dimodifikasi, diantaranya :


1. Agar Permalink lebih mudah dibaca atau dipahami



Semakin permalink mudah dibaca maupun dipahami, maka permalink ini semakin baik di mata pengunjung maupun di mata mesin pencari, hal ini tentu akan meningkatkan traffic pengunjung di blog/situs kita.


2. Membuat permalink agar lebih pendek


Seperti yang sudah saya jelaskan di atas, permalink pada suatu blog akan ikut menyesuaikan dari sebuah judul yang kita ketikkan pada postingan yang kita buat. seberapa panjang ataupun pendek teks yang kita ketikkan pada judul artikel yang kita buat, maka teks tersebutlah yang nantinya akan di generate menjadi permalink dari suatu halaman blog. Tips memperpendek alamat permalink ini sudah sering dibahas oleh para pakar SEO. karena tips ini termasuk bagian dari SEO ONPAGE yang cukup penting. Gunakanlah trik Permalink ini untuk membidik keyword yang tepat, agar nantinya artikel yang kita publish dapat segera terindex dengan tentunya sesuai harapan kita yakni dapat tampil di halaman pertama mesin pencari.


Cara Setting Permalink di blogspot agar lebih SEO


Cara setting permalink ini sebenarnya sangat mudah, terutama bagi anda yang menggunakan platform Blogspot. Sebab platform jenis ini sudah menyediakan fasilitasnya. Namun sebaiknya permalink ini kita modifikasi sebelum artikel tersebut kita publish, karena artikel yang sudah di publish maka permalink tersebut sudah tidak bisa kita ubah.

Untuk memodifikasi Permalink, caranya sebagai berikut :
  • Langkah pertama yang perlu anda perhatikan ialah artikel tersebut belum di publish atau sedang proses modifikasi.
  • Pada artikel yang sedang anda buat, silahkan anda klik link bergambar rantai ( letaknya ada pada sisi kanan artikel yang sedang anda buat.


  • Silahkan anda pilih "Tautan permanen khusus" kemudian ketikkan teks yang akan anda jadikan permalink untuk halaman artikel anda. setelah itu silahkan anda klik tab selesai. teks yang akan anda ketikkan harus menggunakan simbol dashes (-) untuk pemisah setiap kata. Buat permalink sependek mungkin, 3 hingga 5 kata, upayakan agar teks permalink tersebut mengandung kata kunci (keyword).



Jika dirasa pengaturan permalink sudah sesuai keinginan anda, dan artikel yang anda buat pun sudah selesai. Silahkan anda publish artikel yang telah anda buat, dan lihat hasilnya.

sekian tutorial saya pada kesempatan kali ini, semoga artikel ini dapat membantu antu untuk lebih bisa mengoptimasi blog anda. Semangat terus sobat blogger semua.. Salam Sukses dari saya.

Nantikan artikel menarik saya lainnya, silahkan subscribe email anda untuk berlangganan artikel di blog saya. Share artikel ini jika artikel ini cukup bermanfaat untuk anda.



Terima kasih telah Berkunjung


logoblog

Thanks for reading Cara Setting Permalink di Blogspot agar lebih SEO

Previous
« Prev Post

3 comments:

1. Silahkan komentar secara baik dan bijak
2. Dilarang membuat Spam pada blog ini
3. Harap Ceklis "Notify Me/Beritahu Saya" sebelum Komentar di Publish agar komentar bisa segera dibalas
4. Mohon maaf jika ada komentar yang belum sempat dijawab/dibalas


Thanks for Visitting



About | Contact Me | Disclaimer | Term Of Service |
Sitemap | Privacy Policy