Rainbow Pinwheel Pointer

Sunday, September 24, 2017

2 Cara Mudah Membuat Nomor Urut Otomatis pada Microsoft Excell

  Blog inspiratiff       Sunday, September 24, 2017

Cara Membuat Nomor Urut Otomatis pada Microsoft Excell

 


Cara membuat penomoran otomatis part01
Http://blog-inspiratiff.blogspot.com
Sebelum saya menjelaskan tentang Proses pembuatan Nomor urut Otomatis pada Ms.Excell, saya akan membahas terlebih dahulu apa itu Ms.Excell. Kebanyakan dari kita jika mendapatkan pertanyaan sederhana tentang apa sih Microsoft Excell itu ? pasti kita menjawabnya Software pengolah angka. Memang sih jawaban tersebut tidak salah, tapi bagi beberapa orang yang sudah terjun di dunia Accounting dan proses penginputan data yang Notaben isi datanya berupa angka, mungkin mereka bisa menjabarkan secara mendetail tentang fungsi Microsoft Excell. Karena memang secara Khusus  Microsoft Excell merupakan Mesin pengolah angka, namun dari segi penggunaannya secara mendetail, microsoft excell itu dapat anda gunakan untuk proses perhitungan bahkan untuk pembuatan aplikasi kasir yang cukup elegan ( menghemat space Ram kita juga kan ). Sekarang kita kembali pada topik pembahasan kita yah guys. Penomoran otomatis pada bilah data di microsoft excell ini memang tidak banyak mendapat perhatian bagi kebanyakan orang, namun bagi para Admin atau accounting di sutu perusahaan, teknik ini merupakan salah satu teknik dasar yang harus dikuasai oleh seorang admin atau Accounting, selain rumus-rumus dasar perhitungan lainnya.

( Baca juga  : Rumus-rumus dasar Ms.Excell yang wajib dipelajari )

Penomoran otomatis ini, memang terkesan teknik sederhana dan sangat dasar dalam pembahasan ms.Excell. Tapi jika kita telaah secara mendalam, penomoran otomatis pada data di Ms.Excell merupakan hal yang perlu kita pelajari dan jangan diremehkan. Coba kita bayangkan, pada saat kita menginput data yang membutuhkan penomoran dalam jumlah yang cukup banyak, apakah kita mau dan sanggup untuk membuat penomoran secara manual. Sebenarnya sih sah-sah saja ( jika itu untuk keperluan pribadi ), tapi berbeda kasus jika penomoran tersebut kita butuhkan untuk kepentingan perusahaan. Mungkin atasan kita akan mencaci maki kita, jika beliau melihat kita menginput nomor pada baris data secara manual, karena didalam perusahaan ada hal-hal yang patut dikuasai oleh setiap pegawainya. salah satunya kecekatan dan ketepatan dalam penginputan data.

berikut ini ada 2 cara yang akan saya berikan kepada kalian semua, caranya cukup sederhana kok !
mari kita mulai tutorialnya

Cara 1  :
  • Perhatikan gambar dibawah ini
Cara membuat penomoran otomatis part02
Cara 1 : Penomoran otomatis di Ms.Excell

Silahkan anda masukkan/input Nomor 1 pada baris pertama, sedangkan untuk baris kedua cukup masukkan rumus ( =c8+1 ) kemudian Enter.

Pengaturan  :

=     merupakan awalan jika anda akan menginput sebuah rumus, rumus apapun itu
c8    Silahkan anda ubah sesuai kondisi Cell posisi Angka 1 yang anda input ( Cell adalah Pertemuan baris dan kolom )
    Merupaka Fungsi penjumlahan yang harus diinput, karena kita akan menginput angka secara berurut
1     adalah angka penjumlahan yang akan proses ( karena angka kedua kita menginkan nomor 2 yang tampil, namun jika angka 3 yang kita inginkan maka angka 1 pada rumus =c8+1 bisa kita ubah menjadi =c8+2

setelah angka 2 sudah tampil pada baris kedua pada gambar diatas, untuk penomoran selanjutnya. Kalian cukup menarik simbol tanda + yang berada di pojok kanan bawah angka 2 pada data yang tampil ( lihat gambar dibawah ini )

Cara membuat penomoran otomatis part03
Cara 1: Nomor Urut pada Ms.Excell ( Part 2 )


Kemudian kalian Drag tanda + sampai Cell atau baris yang anda inginkan.


Cara 2  :

  • Silahkan kalian ketikkan ( angka 1 dan angka 2 pada baris data yang akan dibuat penomoran otomatis )
  • Kemudian kalian block angka 1 dan angka 2 tersebut, dan arahkan kembali kursor kalian pada area bawah sebelah kanan, nanti akan tampil lambang + pada area block tersebut. kemudian kalian tarik sampai baris yang akan diberikan nomor urut.( perhatikan gambar dibawah ini )
Cara membuat penomoran otomatis part04
Cara 2  : Nomor urut pada Ms.Excell



Sekian Tutorial saya pada kesempatan kali ini, jika sobat merasa bingung atau mempunyai masalah dalam mempraktekkannya, silahkan komentar pada kolom yang telah saya sediakan pada bagian bawah postingan ini, atau dapat mengirimkan pesan langsung pada Halaman Kontak Kami.


Terima kasih telah Berkunjung



Salam

logoblog

Thanks for reading 2 Cara Mudah Membuat Nomor Urut Otomatis pada Microsoft Excell

Previous
« Prev Post

No comments:

Post a Comment

1. Silahkan komentar secara baik dan bijak
2. Dilarang membuat Spam pada blog ini
3. Harap Ceklis "Notify Me/Beritahu Saya" sebelum Komentar di Publish agar komentar bisa segera dibalas
4. Mohon maaf jika ada komentar yang belum sempat dijawab/dibalas


Thanks for Visitting



About | Contact Me | Disclaimer | Term Of Service |
Sitemap | Privacy Policy