Rainbow Pinwheel Pointer

Wednesday, January 2, 2019

Cara Membuat Database di phpMyAdmin

  Blog inspiratiff       Wednesday, January 2, 2019

Langkah-langkah Pembuatan Database dengan phpMyAdmin


Sebelum saya menjelaskan mengenai langkah-langkah dalam pembuatan database menggunakan phpMyAdmin ini, mungkin banyak juga diantara kita yang belum paham apa itu phpMyAdmin, terutama bagi para mahasiswa yang duduk dibangku perkuliahan semester-semester awal.


phpMyAdmin adalah perangkat lunak bebas yang ditulis dalam Bahasa Pemprograman PHP yang digunakan untuk menangani administrasi MYSQL melalui website jejaring jagat jembar (World Wide Web). phpMyAdmin mendukung berbagai operasi MYSQL, diantaranya (Mengelola Basis data, tabel-tabel, bidang(fields), relasi, indeks, pengguna(user), perizinan(permissions), dan lain-lain.



Sebelum menggunakan phpMyAdmin ini, kita diharuskan untuk menjalankan Aplikasi yang bernama XAMPP. Xampp adalah perangkat lunak bebas, yang mendukung banyak sistem operasi. Merupakan kompilasi dari beberapa program server local seperti phpMyAdmin salah satunya.

Langkah-langkah pembuatan Database pada phpMyAdmin :

Pertama-tama pastikan anda sudah menjalankan aplikasi xampp terlebih dahulu (pastikan service Apache dan MySQL sudah anda hidupkan.


Kedua Jalankan Browser yang anda miliki (Google Chrome/Mozilla Firefox/lainnya). Kemudian ketikkan "localhost/phpmyadmin" pada bilah Address Bar.



Ketiga Maka anda akan dibawa kehalaman phpMyAdmin, lalu klik Database, ketikkan nama database yang anda inginkan lalu klik tombol Create.


Keempat Setelah Database berhasil anda buat, maka nama database tersebut akan tampil pada sisi kiri halaman phpMyAdmin.

Daftar Nama Database pada phpMyAdmin
Kelima Setelah Database berhasil anda buat, maka andapun dapat menambahkan atau membuat tabel(table) didalam database tersebut, caranya ketikkan nama tabel yg ingin anda buat dan tentukan jumlah kolom(field) dari table tersebut, lalu klik GO.


Keenam Maka anda akan dibawa kehalaman pembuatan Table. Andapun dapat menentukan nama-nama untuk tiap-tiap kolom(field), menentukan tipe data(INT,CHAR,VARCHAR,TEXT,DATE, dll), mentukan panjang(length) dari tipe data yg anda pilih dan menentukan field mana yang ingin anda jadikan primary key( tentukan primary key pada bagian Null Index ). Setelah itu klik tombol Save(Simpan)


Selamat.. !!! Database dan 1 buah tabel telah berhasil anda buat.

KeTujuh Untuk menambahkan tabel pada database tersebut anda cukup mengklik "New" tepat dibawah nama database yang telah anda buat.


 Kedelapan Maka Anda akan kembali diarahkan pada tampilan/halaman pembuatan tabel, seperti gambar berikut.



Untuk menambahkan tabel-tabel lainnya, caranya kurang lebih sama dengan cara yang telah saya sampaikan diatas.

Terima kasih telah berkunjung di blog saya ini, mohon maaf apabila ada kata-kata saya yang agak sulit dimengerti, dan jika anda mengalami kendala saat membuat database beserta tabelnya. Silahkan sampaikan keluhan anda pada kolom komentar yang telah saya sediakan di blog ini.

Sekali lagi Terima kasih telah berkunjung.
Jangan Lupa untuk Berlangganan Artikel di Blog saya, agar anda tidak ketinggalan postingan-postingan terbaru lainnya.




Salam
Blog Inspiratiff
logoblog

Thanks for reading Cara Membuat Database di phpMyAdmin

Previous
« Prev Post

No comments:

Post a Comment

1. Silahkan komentar secara baik dan bijak
2. Dilarang membuat Spam pada blog ini
3. Harap Ceklis "Notify Me/Beritahu Saya" sebelum Komentar di Publish agar komentar bisa segera dibalas
4. Mohon maaf jika ada komentar yang belum sempat dijawab/dibalas


Thanks for Visitting



About | Contact Me | Disclaimer | Term Of Service |
Sitemap | Privacy Policy